Monday 21 September 2015

Fenomenal, Air Terjun Seperti Api


Sierra Nevada - Tiap Februari, turis ramai-ramai ke Yosemite National Park di AS untuk melihat 'air terjun api'. Bukan api sungguhan, melainkan air terjun yang terkena pantulan cahaya matahari.

'Horsetail Firefall', begitu nama fenomena unik tersebut. Cairan berwarna oranye-merah seperti lahar tampak mengalir dari puncak bukit batu di Yosemite National Park, California, AS.

Namun ini bukanlah api atau lahar. Horsetail Firefall adalah aliran air terjun yang terkena pantulan sinar matahari.

Fenomena ini hanya terjadi tiap bulan Februari. Mengutip situs resmi Yosemite National Park, Selasa (22/9/2015), panorama ini bisa dilihat dari area El Capitan yang merupakan lokasi piknik di Taman Nasional tersebut.

Menjelang akhir Februari, semakin banyak traveler yang datang untuk mengagumi Horsetail Firefall. Waktu terbaik untuk melihat fenomena ini adalah menjelang sunset, saat cahaya matahari tepat terpantul di air terjun tersebut.

Air terjun ini memiliki ketinggian 480 meter, dan berbentuk mirip buntut kuda. Itulah mengapa air terjun itu disebut 'horsetail'. Namun karena mirip api, orang menyebutnya firefall, bukan waterfall (air terjun-red). Fotografer dari berbagai belahan dunia pun datang silih berganti, memotret 'air terjun api' yang mengalir dari bukit granit.
Share This
Previous Post
Next Post

0 comments: