Sunday 4 January 2015

Enam Cara Rachmat Gobel Jaga Stabilitas Harga

 Enam Cara Rachmat Gobel Jaga Stabilitas Harga


Enam Cara Rachmat Gobel Jaga Stabilitas Harga

Okezone.com -Kementerian Perdagangan (Kemendag) memiliki instrumen tersendiri untuk mengendalikan stabilitas harga komoditas. Ada enam instrumen yang akan dilakukan guna menjaga stabilitas harga.


Menteri Perdagangan Rachmat Gobel menjelaskan enam instrumen tersebut, pertama adalah dengan menciptakan pasar lelang, kedua membuat Sistem Resi Gudang (SGR), dan instrumen ketiga adalah mengambil kebijakan distribusi bahan pokok.

“Saat ini yang sedang menjadi agenda ialah mempercepat implementasi SGR di Kabupaten Subang, Jawa Barat,” katanya dalam keterangan tertulis, Senin (5/1/2015).
Rachmat berharap sinergi pemerintah daerah, khususnya Bupati Subang, Kepala Dinas Perdagangan, pelaku usaha, petani, koperasi, kelompok tadi, pabrikan, perbankan, badan penyuluh pertanian, pengelola gudang dan asuransi dapat mempercepat implementasi pelaksanaan SRG tersebut.

"Saya mengajak para pihak (stakeholders)yang akan melaksanakan dan memanfaatkan SRG agar bersatu padu meningkatkan kerjasama dan saling bersinergi, sehingga implementasi SRG dapat terlaksana lebih cepat dan lebih luas serta sekaligus dapat meningkatkan kualitas, menyediakan akses pembiayaan, dan daya saing, serta ke depannya dapat mendorong ekspor," jelasnya.

Selanjutnya, instrumen keempat adalah pengelolaan stok dan ekspor-impor, kelima, pengaturan perdagangan antarpulau dalam rangka mengintegrasikan pasar dalam negeri dengan tujuan menjaga keseimbangan antara daerah surplus dan defisit serta memperkecil harga antar daerah,

Sedangkan instrumen keenam, adalah pemasaran produk unggulan daerah, dan yang terakhir mencegah beredarnya barang selundupan dan meniadakan hambatan perdagangan antarpulau.

Pihaknya juga berkeinginan kabupaten lainnya dapat mengikuti Kabupaten Subang untuk segera mengimplementasikan SRG. "Baik pada gudang pemerintah maupun swasta dan BUMN seperti Bulog, sehingga dapat segera dimanfaatkan masyarakat luas," tandasnya.
Share This
Previous Post
Next Post

0 comments: